Kamis, 28 Februari 2013

Memulai Bisnis Online (part 2)


Bagaimana cara menumbuhkan kepercayaan seorang pembeli?
Menubuhkan rasa kepercayaan seorang pembeli yang mungkin berada di luar daerah dari daerah kita bukanlaah hal yang sangat mudah. Beberapa cara yang dapat kita lakukan adalah:
1.Apabila seorang pembeli bertanya mengenai diri kita maka  berusahalah memberikan informasi yang lengkap tentang siapa diri kita, dimana kita tinggal, ataupun instansi dimana kita terlibat di dalamnya.
2.Membrikan detail yang lengkap mngenai produk apa yang kita jual.
3.Apabila sebelumnya sudah pernah bertransaksi usahakan meminta testimonial(bukti kepercayaan ) dari pembeli sebelumnya, ataupun jika sudah sering mengirim barang ke luar kota dapat memberikana gambar-gambar dari bukti pengiriman barang tersebut.
4.Gunakalnah bahasa yang sopan dan ramah dalam melayani pembeli.
5.Apabila barang yang diinginkan tidak ada, usahakan memberikan saran atau alternatif lain.

            Menumbuhkan kepuasan dari konsumen.
Menumbuhkan kepuasan dari konsumen merupakan hal terpenting didalam kita menjalankan sebuah bisnis yang tidak hanya mencari keuntungan semata. Hal ini sangat penting karena dengan semakin banyak konsumen yang puas dengan apa yang kita berikan, maka akan menarik lebih banyak konsumen yang akan datang.
Yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan kepuasan konsumen adalah:
1.Jujur
Seorang pebisnis yang baik adalah jujur kepada konsumen, baik dalam perkataan ataupun berbuatan. Jujur dalam perkataan adalah berkata apa adanya mengenai barang yang kita tawarkan kepada konsumen, sedangka jujur dalam perbuatan adalah apa bila konsumen sudah membayar sesuai dengan harga suatu barang maka segaralah kita mengirimkan barang tersebut.
2.Mengutamakan konsumen.
Sikap mengutamakan konsumen terkadang banyak pebisnis yang kurang memperhatikan hal ini, padahal sikap ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Mengutamakan konsumen dapat diartikan juga dengan sebuah pelayanan yang baik terhadap konsumen.
            3.Tepat Waktu
Didalam bisnis jual-beli online yang banyak menggukan media jasa pengiriman barang maka diusahakan pengiriman barang sesuai dengan waktu yang sudah dijanjikan.
            4.Keadilan
Memperlakukan semua konsumen dengan baik dan tidak mengutamakan konsumen-konsumen tertentu saja.



            Kemudahan dan Kesulitan dalam bisnis jual-beli online.

a.Kemudahan yang dapat kita peroleh dari bisnis jual-beli online adalah:
1.Menghemat tempat.
2.Efisiensi waktu.
3.Modal relatif sedikit.

Kesulitan yang akan kita jumpai adalah:
1.Terkadang pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung.
2.Keterlambatan pengiriman barang kepada pembeli.
3.Sulit mnumbuhkan kepercayaan kepada pembeli.


Demikian tadi adalah gambaran bagaimana agar kita dapat memulai untuk menjalankan sebuah bisnis jual-beli online. Semoga bermanfaat bagi anda yang akan memulai menjalankan sebuah bisnis jual-beli online.




C.Refrensi:
1.Prof.Dr.M Suyanto,MM.2008.Muhammad Businnes Stategy & Ethics.
2.Prof.Dr.M Suyanto,MM.2011.Smart In Enterpreneur : Everyone Can Become Successful Enterpreneur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar