Kamis, 28 Februari 2013

Memulai Bisnis Online


Bisnis Jual-beli Online

A.Abstrak

Karya ilmiah ini berjudul mengenai Bisnis Jual-beli Onlie, dimana pada sekarang ini banyak orang cenderung memilih bisnis yang praktis,tidak memakan banyak waktu,tempat serta modal yang dibutuhkan. Selain itu perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga semakin mudah memperoleh media yang tepat untuk menjalankan sebuah bisnis jual-beli online.
Tujuan penulisan makalah ini adalah memberikan gambaran bagaimana kita dapat memulai untuk berbisnis jual-beli online melalui media internet serta memanfaatkan media komunikasi yang ada secara mudah dan praktis. Bagaimana untuk memulai sebuah bisnis jual-beli online dengan modal nol rupiah.

B.ISI
            Istilah Bisnis mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Bisnis berasal dari kata dasar Bussy dalam basaha Inggris yang berarti sibuk. Dapat dikatakan bahwa Bisnis adalah menyibukkan diri dalam suatu usaha yang sifatnya akan mendatangkan keuntungan bagi dirinya.
            Semakin berkembanganya peradaban manusia yang disertai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak orang disibukkan dengan berbagai macam kegiatan yang sangat menyita ruang dan waktu. Orang akan berfikir bagaimana mereka dapat memenuhi kebutuhan yang mereka perlukan secara praktis dan tidak membuang banyak waktu untuk pergi berbelanja. Bisnis jual-beli online merupakan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan seseorang yang ingin menghemat waktu untuk berbelanja.
            Pertama yang harus kita lakukan didalam memulai sebuah bisnis jual-beli online adalah : Merencanakan jenis barang yang akan kita pasarkan, Media yang akan kita gunakkan,Pasar Sasaran.

1.Merencanakan Jenis Barang Yang Akan Dipasarkan.
Didalam merencanakan jenis barang yang akan dipasarkan,kita dapat melihat dari segi lingkungan tempat kita tinggal,kebutuhan masyarakat, tingkat kemudahan barang tersebut diperoleh. Apabila kita tinggal di lingkungan kampus yang notabennya seorang mahasiswa banyak memperhatikan pada penampilan, maka kita dapat menjalaknan bisnis jual-beli online dengan produk berupa pakaian/sepatu yang bersifat casual.
            2.Media Yang Akan Kita Gunakan.
Media yang diggunakan dalam bisnis jual-beli online terutama adalah internet. Kita dapat menawarkan produk-produk kita melalui situs jual-beli online seperti: Tokobagus.com,Kaskus.co.id,dll. Melalui situs jejaring sosial seperti: Facebook,Twitter,dll. Atau bagi yang mempunyai Smartfone seperti Blackberry dapat menggukanan fitur Blackberry Messenger.
            3.Pasar Sasaran.
Pasar sasaran sangat erat hubungannya dengan produk apa yang akan kita pasarkan tadi. Jangan sampai kita memasarkan produk di lingkungan yang kurang membutuhkan produk tersebut.




Metode yang dapat diggukanan untuk memulai sebuah bisnis jual-beli online dengan menggunakan modal nol rupiah adalah dengan metode reseller.
Metode reseller adalah kita sebagai seorang yang menjalankan bisnis jual-beli online sebagai pihak kedua atau seterusnya dari seorang pelaku bisnis jual-beli, kita hanya melayani jika seorang pembeli sudah benar-benar menginginkan suatu barang. Cara yang paling aman adalah biasanya seorang pembeli harus memberikan uang muka atas suatu barang tersebut.
           
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar